Minggu, 02 November 2008

Pilkada Tegal 2008

Tegal Siapkan Kemungkinan Pilkada Putaran Kedua
/
Senin, 20 Oktober 2008 21:45 WIB
SLAWI, SENIN - KPU Kabupaten dan Kota Tegal menyiapkan diri menghadapi kemungkinan adanya putaran kedua dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di kedua wilayah tersebut. Pelaksanaan pemungutan suara tahap pertama pilkada Kabupaten dan Kota Tegal rencananya akan dilaksanakan tanggal 26 Oktober mendatang.
Pilkada di Kabupaten Tegal menghadirkan empat pasangan, yaitu pasangan Agus Riyanto-Moch Hery Soelistiawan dari PDIP, Andhika Regalita-Dul Basir dari calon perseorangan, A Ghautsun-Abdul Fikri dari Golkar dan PKS, serta pasangan M Hamam-Dimyati dari PKB dan PAN.
Sementara Pilkada Kota Tegal diikuti lima pasangan, yaitu pasangan Mukti Agung Wibowo-Heru Gunawan dari calon perseorangan, M Basri Budi Utomo-Eliana Ayu Soraya dari PKB, Agil Riyanto Darmowiyoto-Harun Abdi Manaf dari koalisi Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB ) dan PAN, Ristanto-Kunharjanti S dari Golkar, dan pasangan Ikmal Jaya-Habib Ali Zaenal Abidin dari PDIP.
Ketua KPU Kabupaten Tegal, Aryo Santiko, Senin (20/10) mengatakan, KPU telah menyiapkan putaran kedua pilkada Kabupaten Tegal, dengan dana Rp5,7 miliar. Apabila memang terjadi dua putaran, pelaksanaan pemungutan suara putaran kedua akan dilaksanakan awal Desember.
Meskipun demikian, sebenarnya KPU berharap pemilihan Bupati/Wakil Bupati Tegal dapat dilaksanakan dalam satu putaran. Hal itu mengingat pada kondusifitas daerah dan tingkat kelelahan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan petugas pemungutan suara (PPS).
"Energi mereka sudah terkuras untuk mengadapi pemilihan gubernur, pemilihan bupati, dan persiapan pemilihan legislatif," ujarnya. Oleh karena itu, ia berharap agar masing-masing tim kampanye bekerja secara optimal, sehingga mampu mendapat dukungan suara melebihi 30 persen. Dengan demikian, dana yang disiapkan untuk pelaksanaan putaran kedua dapat dihemat dan dikembalikan ke kas daerah.
Jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Tegal sebanyak 1.124.230 orang. Pemungutan suara akan dilaksanakan di 2.168 tempat pemungutan suara (TPS).
Sementara itu, Ketua Divisi Pendidikan Informasi dan Kajian Pengembangan Pemilu KPU Kota Tegal, Andi Kustomo mengatakan, secara anggaran maupun personil, KPU siap melaksanakan putaran kedua. Besarnya anggaran untuk pelaksanaan putaran kedua Rp1,3 miliar.
"Meskipun demikian, KPU Kota Tegal optimistis, penyelenggaraan pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tegal dapat dilaksanakan dalam satu putaran," kata Andi.

0 tanggapan:

Google Engine

The Weather

Polling Site